Jaga Ketentraman Masyarakat Tim Pakem Sukamara Gelar Rapat Koordinasi

SUKAMARA- JOURNALREPORTASE,- Tim Pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM) Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah mengadakan rapat koordinasi, di Aula Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukamara, Jumat (20/12).

Informasi yang diterima, rapat dihadiri oleh sejumlah pejabat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Kabupaten Sukamara, diantaranya Kepala Kejari, Kepala Seksi Intelijen, Plt Kepala Badan Kasbangpol, Kepala Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Kepala kementrian Agama, Kepala Satuan Intelkam Polres, Danramil, Perwakilan Badan Intelijen Daerah, dan Kepala Bidang Pendidikan Dinas pendidikan.

Rapat koordinasi dibuka oleh Kepala Kejari Sukamara, Fajar Sukristyawan yang sekaligus menyampaikan bahwa di Kabupaten Sukamara tidak terdapat aliran kepercayaan masyarakat atau aliran keagamaan yang beresiko mengganggu ketentraman dan ketertiban umum.

Karena itu ditegaskan bahwa dengan adanya rapat koordinasi dengan Tim PAKEM diperkirakan konflik antar masyarakat yang terpicu oleh isu SARA dapat ditanggulangi sejak dini.

Dalam keterangan rilis juga di sebutkan dengan adanya koordinasi tim pengawas aliran PAKEM semakin meningkat. Bahkan peran masyarakat dalam pengawasan aliran kepercayaan di Sukamara juga semakin meningkat.

Selanjutnya tim PAKEM bertugas menerima dan menganalisa laporan informasi tentang aliran kepercayaan atau aliran keagamaan untuk kemudian meneliti dan menilai secara cermat perkembangan suatu aliran.

Hal itu dilakukan untuk mengetahui dampak-dampaknya bagi ketertiban dan ketentraman umum.

Dalam rapat koordinasi juga di bahas menyatukan tujuan yang sama
dalam upaya pencegahan terjadinya suatu problem aliran kepercayaan.

Untuk itu, Tim PAKEM dipandang perlu menyelenggarakan pertemuan konsultasi secara berkala ataupun sewaktu waktu dengan instansi terkait dengan badan-badan lainnya baik pemerintah atau non pemerintah.

Mendengarkan ataupun menampung saran dan pendapat denga pihak lain yang berkepentingan untuk menjaga ketertiban umum sangat diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *